Pages

Selasa, 19 April 2011

outbound training

Mentari Indonesia outbound training, outbound gathering dan team building
dikenal sebagai pelatihan outbound yang sangat menyenangkan,
dengan 4E sebagai unsur utama dalam setiap pelatihan, yaitu :
Educational, Enthusiasm, Entertainment dan Enlightment
Mentari Indonesia hadir dengan berbagai modul pelatihan outbound yang mengetengahkan suasana antusias sebagai hal utama dalam pencapaian hasil. Dengan pilihan lokasi yang inspiratif, nuansa yang dikemas secara rekreatif, dan materi program yang disajikan melalui games dan simulasi yang kreatif, kami pastikan proses pembelajaran dengan metode Experiential Learning ini akan mampu mencapai objective yang diinginkan.
Mentari Indonesia memberikan pelatihan outbound yang membentuk pribadi tangguh, bersikap mental positif, serta memancarkan antusiasme bagi sekelilingnya.
Enthusiasm Makes Everything Possible




game outbound


- Ice breaking / zero mind / freedomManagement outbound untuk Pemantapan tentang tujuan, motivasi, spiritualitas outbound. disini peserta diarahkan agar dalam games outbound harus sungguh2 meskipun hanya dalam bentuk permainan. menciptakan suasana kebersamaan , satu level, serta membuang sampah2 emosi peserta agar dalam melaksanakan outbound bisa berhasil. Peserta dikondisikan olehmanagement outbound pada “THE POWER OF NOW ” kekuatan sekarang dengan menghilangkan perasaan2 menyesal pada kejadian masa lalu dan menghilangkan kekawatiran terhadap masa yad (ENJOY IT NOW, NO FEAR-TRUST YOUR HOPE). Serta “THE POWER OF FORGIVING” (Kekuatan memaafkan) dengan keiklasan untuk memaafkan siapapun apapun dan menerima keadaan apapun saat ini ( WHY ME ? BUT WHY NOT ME ? ).

- Treasury games
peserta dibagi dalam grup untuk membuat prosedur dan dilaksanakan oleh grup lain, disini akan ketahuan siapa yang pberperan dalam kegagalan suatu tugas,apa prosedurnya atau pelaksananya. 

- follow the leader
tentang kepatuhan mengikuti prosedur yang ada

- Puzzle games
tentang komunikasi dan team work

- Water games / war
tentang team building , strategi dan taktik

- Making tower
tentang solid team work , kerjasama, dan motivasi untuk menjadi the winning team


- Trust games
tentang kepercayaan diri untuk mempercayai orang lain

- Left right games
tentang konsentrasi dan fokus team dalam bekerjasama .

www.bumikahyangan.com

Incoming search terms for the article:


Latihan Outbound untuk Manajemen SDM


Program pelatihan pengembangan kerjasama kelompok dengan menggunakan media luar ruang (outdoor), didalam ruangan (Indoor) serta processing feedback session. Yang termasuk dalam program ini antara lain: Pengembangan wawasan dan pengetahuan (knowledge), kerjasama tim (team work), motivasi kerja (motivation work), kepercayaan diri (personal confidence), kompetisi (Kompetitif), kepemimpinan (Leadership). Program management outbound ini lebih ditekankan pada pengembangan managemen karyawan perusahaan / instansi pemerintah (60% Games dan 40 % diskusi), efektif kegiatan 1 sampai 5 hari, disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

OUTBOUND MANAGEMENT TRAINING mempunyai sequence programmanagement outbound yang customized dimana selalu mengacu pada perkembangan peserta ( dinamika kelompok ) selama pelatihan berlangsung. Secara umum program ini memiliki 3 (tiga) sequence yang berbeda penekanannya, yaitu :



INDOOR SESSION

Sesi ini difokuskan untuk mengembangkan wawasan dan pengetahuan peserta tentang pentingnya membangun dan mengembangkan kerja sama dalam suatau unit kerja maupun antar unit kerjasecara sinergis dengan mengacu kepada pergeseran peradigma yang digunakan dalam lingkungan bisnis. Juga untuk mengeksplor perilaku perilaku positif yang dibutuhkan dalam kerja sama sebuah tim yang efektif.

OUTDOOR SESSION
Sesi ini untuk menguji dan mengembangkan sinergi tim kerja, menetapkan tujuan dan sasaran yang akan dicapai oleh tim kerja serta selalu dirangsang dan ditantang untuk selalu berubah kearah yang lebih tinggi, sehingga menantang munculnya inovasi dan kreativitas anggota tim kerja melalui penugasan penugasan dilapangan melalui media permainan kelompok yang bersifat kerjasama antar individu, dan pemecahan masalah bersama.

PROCESSING FEDBACK SESSION
Processing Feedback session ini merupakan fondasi dari keseluruhan program dan menggambarkan sifat umpan balik yang dibutuhkan dalam mengembangkan sumber daya setiap individu dalam merefleksikan kekuatan dan kelemahannya didalam berinteraksi dalam tim.

Cara ini dianggap efektif dan efisien dalam menyembarkan kebiasaan – kebiasaan yang baik maupun pengetahuan yang baru. focus dari sesi ini adalah memberikan feedback yang reliable kepada peserta berdasarkan dinamika kelompok khususnya mengenai sikap (attitude) dan perilaku ( behavior ) para peserta sebagaui anggota tim kerja.

Objektif Pelatihan:

1. Menumbuhkan nilai nilai kerja dalam tim kerja yang selalu mengarah pada pencapaian standard kerja yang prima.

2. Mengembangkan budaya kerja yang dilandasi semangat mengahargai kolektifitas Tim kerja daripada sikap individualitas melalui pengembangan sikap antara lain berani mengungkapkan perspektif dan opini dengan cara cara yang memberikan respek terhadap pandangan orang lain; mendorong motivasi kerja dirinya maupun rekan kerjanya, dll.

3. Mengembangkan keterampilan individu dalam memeberdayakan (empowered) anggota Tim kerjanya serta keterampilan dalam menciptakan iklim kerja yang nyaman dan kondusif

outbound.adventurindo.com

OUT BOND

Banyak cara dapat dilakukan untuk meningkatkan soft skill, salah satunya melalui kegiatan out bond. Team work, keberanian, manajerial, kemandirian, cinta alam, kesabaran, dll dapat diperoleh dari berbagai macam game-game out bond.
Berikut beberapa game yang dapat digunakan :
1 . Tim work, leadership, manajerial, kesabaran yaitu permaianan :
  • Dragon Ball ; mencari kelereng dalam lumpur, peserta disuruh untuk mencari beberapa kelereng dalam jumlah tertentu yang sudah dilempar. Kategori permaianan sulit.
  • Botol Bocor ; peserta disuruh untuk mengisi air di botol yang bocor dengan berbagai titik lobang dengan menggunakan anggota tubuh, sehingga mereka berusaha untuk menutupi lobang itu secara tim, permaianan ini kategori sulit.
  • Jaring bola ; peserta disuruh untuk menjaring bola dalam air dengan menggunakan jaring dari tali rafia yang memiliki kelonggaran bervariasi, permaianan ini termasuk kategori kesulitan menengah.
  • Gembala sapi ; peserta ditutup matanya kecuali satu sebagai gembala, si gembala memberikan kode tepukan yang telah disepakati bersama untuk melewati rintangan yang telah disediakan, kode itu akan disalurkan beruntun ke teman di depannya.
2. Ketangkasan, keberanian yaitu jenis permaianan ini membutuhkan peraltan yang cukup daan orang yang ahli :
  • Rafling ; yaitu menuruni bukit dengan tali ala panjat tebing
  • Flying fox ; yaitu menyeberangi dengan menggunakan tali yang bergantung
Peserta dapat mengambil manfaat dari permaianan itu untuk diambil hikmanya.

Jenis-Jenis Permainan Outbound

Tujuan outbound dengan training SDM adalahpengembangan SDM. Dengan out bound training diharapkan peningkatan kualitas SDM. Berikut beberapa jenis permainan outbound:
Birma Crosser
Tujuan outbound training permainan ini adalah melatih percaya diri untuk menghadapi segala ujian dan rintangan dalam kehidupan. Alat bantu dalam out bound trainingpermainan ini meliputi bambu, karmentel, kong, snappling, webbing dan helm. Adapun prosedur dalam permainan Birma Crosser adalah :
  1. Setiap peseta diminta meniti bambu yang telah disediakan dengan ketinggian 2 m dan panjang 15 m
  2. Fasilitator memasangkan kelengkapan pengaman sebelum peserta melaksanakan tugas tersebut
  3. Fasilitator memberikan arahan dan motivasi agar peserta berhasil melewati bambu dengan sebaik-baiknya.
  4. Fasilitator memegang tali pengaman untuk menjaga keselamatan peserta.
  5. Saat pelaksanaan peserta yang lain menunggu giliran
Pemaknaan dalam program outbound permainan ini adalah :
  1. Mampukah semua peserta melaksanakan tugasnya dengan baik ?
  2. Adakah peserta yang merasa takut akan ketinggian ?
  3. Apa kunci keberhasilan mereka ?
  4. Apa yang menjadi penyebab kegagalan ?


Hell Barier

Tujuan outbound training permainan ini adalah melatih mengerjakan sesuatu sesuai dengan tahapannya untuk mencapai puncak yang diharapkan. Alat bantu dalamprogram outbound permainan ini meliputi jaring, karmentel, kong, snappling, webbing, kaos tangan dan helm. Adapun prosedur dalam permainan ini adalah :
  1. Setiap peserta diminta memanjat jaring tali setinggi 6 meter.
  2. Fasilitator memasangkan kelengkapan pengaman sebelum peserta melaksanakan tugas tersebut
  3. Fasilitator memberikan arahan dan motivasi agar peserta berhasil melewati bambu dengan sebaik-baiknya.
  4. Fasilitator memegang tali pengaman untuk menjaga keselamatan peserta.
  5. Saat pelaksanaan peserta yang lain menunggu giliran.
Pemaknaan dalam permainan ini adalah :
  1. Mampukah semua peserta melaksanakan tugasnya dengan baik ?
  2. Adakah peserta yang merasa takut akan ketinggian ?
  3. Apa kunci keberhasilan mereka ?
  4. Apa yang menjadi penyebab kegagalan ?
  5. Apa yang dirasakan peserta sewaktu mencapai puncak ?
  6. Apa makna dari kegiatan ini ?

0 komentar:

Poskan Komentar

blogoptionscomments

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

radio ku

Diberdayakan oleh Blogger.
Loading...

Entri Populer

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Mengenai Saya

baek hati, setiaa poko e* sipp
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Followers

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Cari Blog Ini

Memuat...

Amazon MP3 Clips

radio online